Walikota Bandung Berjanji Berikan Kelonggaran Jika PPKM Darurat Diperpanjang

0
347

Sumber: Pena Bandung

Bandung, LiputanIslam.com– Walikota Bandung Oded M Danial berjanji akan mengubah aturan pelaksanaan PPKM Darurat jika pemerintah pusat memperpanjang kebijakan ini.

“Saya sudah berdiskusi dengan Dandim dan Polrestabes, Insya Allah untuk PPKM ke depan ada beberapa poin-poin yang direlaksasi,” kata Oded pada 20 Juli 2021.

Dilansir dari Tempo, Oded mengaku telah diberi arahan dari Presiden bahwa PPKM Darurat akan diperpanjang terutama untuk wilayah-wilayah yang berisiko tinggi atau zona merah.

Ia pun berjanji akan merevisi beberapa aturan pengetatan agar lebih longgar. Misalnya, penerapan aturan buka tutup jalan di Kota Bandung dan aturan jam operasional cafe dan restoran.

“Artinya jam operasionalnya diberikan relaksasi. Tapi tidak ada kerumunan. Kalau ada kerumunan, saya langsung minta petugas untuk membubarkan tapi dengan cara yang humanis jangan aroganlah,” kata Oded.

Rencana pelonggaran ini dibuat karena Oded memahami penderitaan warganya yang terkena dampak penerapan PPKM Darurat.

Sebelumnya, sejumlah kelompok masyarakat menolak rencana perpanjangan PPKM darurat. Kordinator Aliansi Pedagang Pasar Kota Bandung, Rahmat Rendi mengatakan, PPKM Darurat menyulitkan pedagang mencari nafkah. “Kami siap berjalan normal dengan standar prokes ketat,” kata dia. (ra/tempo)

DISKUSI: