Walhi Kritik Proyek Reklamasi Jakarta Usai Peristiwa Banjir  

0
176

sumber: katadata

Jakarta, LiputanIslam.com–Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) mengkritik Pemerintah Provinsi DKI atas kebijakan-kebijakan yang tak ramah lingkungan sebagai penyebab fenomena banjir. Salah satu kebijakan itu terkait dengan proyek reklamasi Jakarta

Dilansir dari CNN Indonesia, Direktur Eksekutif Walhi DKI Jakarta Tubagus Soleh Ahmadi menilai pemerintah harus segera memperbaiki kebijaka pembangunan di Jakarta dan sekitarnya yang tak ramah lingkungan.

“Melakukan koreksi mendasar dan evaluasi menyeluruh terhadap kebijakan pembangunan yang berisiko tinggi terhadap lingkungan hidup dan keselamatan warga, antara lain proyek reklamasi, pemberian izin-izin bangunan, dan lain-lain,” kata Soleh dalam keterangan tertulis, Minggu (21/2).

Menurutnya, banjir terjadi karena pemerintah membuat kebijakan pembangunan dan ekonomi yang terus menggerus alam. Soleh menyebut Jakarta dan sekitarnya darurat ekologis.

Soleh menyarankan pemerintah segera mengoreksi kebijakan-kebijakan seperti reklamasi. Ia juga meminta pemerintah daerah untuk memulihkan dampak lingkungan dan ekonomi akibat kebijakan-kebijakan itu.

“Melakukan upaya pemulihan, baik pemulihan lingkungan hidup yang sebelumnya telah dihancurkan oleh kebijakan pembangunan maupun pemulihan ekonomi dan sosial warga yang terdampak banjir,” ucapnya.

Dalam beberapa hari terkahir, banjir melanda sejumlah titik di DKI Jakarta dan sekitarnya usai hujan deras pada Sabtu (20/2). Sebanyak 113 RW sempat terendam pada hari itu. (ra/cnn)

DISKUSI: