Wakili Kemenag, MAN de MOTEFA Ikuti Ajang Top Inovasi Kemenpan RB

0
129

Sumber: diy.kemenag.go.id

Yogyakarta, Liputanislam.com– Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kulonprogo dengan semangat mengikuti ajang 99 Top Inovasi Pelayanan Publik tahun 2020 yang diadakan secara tahunan oleh Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Istimewanya, MAN Kulonprogo tersebut mengikuti ajang sebagai wakil dari Kementerian Agama (Kemenag).

Kepala MAN 2 Kulonprogo, Khoiriyatun mengatakan bahwa sekolahnya mengusung tema sebagai MAN de MOTEFA (Madrasah Aliyah Negeri dengan Modified Teaching Faktory). “Alhamdulillaah, setelah melalui berbagai proses dan tahapan dalam mengikuti Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2020, MAN 2 Kulon Progo berhasil menembus Top 99,” ucapnya di Yogyakarta pada Sabtu (20/6).

Khoiriyatun menjelaskan bahwa sekolahnya memiliki inovasi berupa kelas keterampilan yang wajib diikuti oleh semua siswa. Ada lima kelas keterampilan yang melatih interpreneurship siswa, yaitu: desain komunikasi visual, tata busana, agribisnis pengolahan hasil pertanian, tata boga, dan teknik audio-video.

“Sudah banyak alumni siswa MAN 2 Kulonprogo yang bekerja di perusahaan besar sesuai bidang keahliannya. Hasil karya produksi siswa madrasah ini juga sudah banyak yang diterima dan dinikmati publik, baik berupa makanan, busana, atau lainnya,” ujarnya.

Pada ajang ini, MAN 2 Kulonprogo harus bersaing dengan 2.126 proposal untuk kelompok umum dari seluruh Indonesia. Top 99 itu sendiri terdiri dari 14 Kementerian, 11 Lembaga, 16 Pemerintah Provinsi, 42 Pemerintah Kabupaten, dan 16 Pemerintah Kota.

Nantinya Kemenpan RB mengundang masyarakat untuk memberikan opini terhadap inovasi yang masuk dalam Top 99. Opini tersebut bisa dalam bentuk dukungan maupun keberatan. Pemberian opini publik bisa disampaikan dalam rentang lima hari kalender, 18-22 Juni 2020 secara tertulis melalui [email protected]

Baca: Terkait Kartu Prakerja, MPR Minta Pemerintah Tindaklanjuti Rekomendasi KPK

Karena itu,  Khoiriyatun juga mengharapkan dukungan Kemenag dan masyarakat Indonesia. Caranya, kirim opini yang berisikan dukungan ke: [email protected] disertai dengan identitas jelas dan nomor kontak yang dapat dihubungi,” tambahnya. (ar/kemenag).

DISKUSI: