Viral Cerita Babi Ngepet, Warga Usir Ibu Wati yang Tuduh Tetangga Ikut Pesugihan

0
781

Sumber: pojoksatu.id

Jakarta, LiputanIslam.com—Nasib buruk menimpa Ibu Wati yang viral karena menuduh tetangganya melakukan ritual pesugihan babi ngepet untuk mencari uang. Warga sekitar tidak terima dengan apa yang dilakuakan Ibu Wati dan memintanya pergi dari desa mereka.

Menurut informasi dari Ketua RW 10 Kampung Baru, Desa Ragajaya, Kecamatan Bojonggede, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Syarif Nurzaman, sejumlah warga mendatangi rumah Wati sekitar pukul 15.00 WIB untuk mengusirnya.

“Warga Kampung Baru nggak terima cukup begitu saja, minta maaf. Banyak yang mau melaporkan ke polisi,” kata Nurzaman pada Kamis (29/4/2021), seperti dilansir dari detikcom.

Ia menjelaskan bahwa saat ini kondisi sudah terkendali. Ibu Wati pun sudah bersiap-siap untuk pindah tempat tinggal.

Kasus Wati menjadi viral setalah dugaan munculnya seekor babi ngepet di Bedahan, Sawangan, Depok, Jawa Barat. Di situ dia membuat pengakuan dirinya curiga ada tetangganya menjalani ritual pesugihan babi ngepet lantaran si tetangga yang dia maksud ini menganggur tetapi kaya.

“Dari kemarin saya sudah pantau, Pak, orang ini. Ini dia berumah tangga dia nganggur tapi uangnya banyak. Saya sudah lewat rumahnya, udah saya lemparin sesuatu di depan rumah biar ketahuan,” kata Ibu Wati dalam potongan video yang viral di media sosial.

Ibu Wati pun telah meminta maaf kepada warga akibat kehebohan yang terjadi.

Dilansir dari Suara,com, babi ngepet termasuk makhluk dalam legenda masyarakat Indonesia terkait siluman babi. Istilah ini muncul di masyarakat sebagai mitos, legenda dan cerita turun temurun.

Beberapa mitos yang berkembang menceritakan babi ngepet merupakan orang yang ingin mendapat kekayaan dengan cara mengambil pesugihan babi. Bahkan saat akan “beraksi” sang tuan harus mengenakan jubah hitam untuk menutupi tubuhnya.

Secara fisik, babi ngepet disebut-sebut memiliki ukuran kecil dan berjenis babi hutan yang tidak diternakkan. Dari sudut pandang ilmiah, tidak ada istilah babi ngepet karena istilah ini muncul dari kepercayaan warga lokal setempat akan kekuatan-kekuatan ghoib. (ra/detik/suara)

DISKUSI: