Tiga Perawat Siaga 24 Jam di Setiap Lantai RS Darurat Wisma Atlet

0
122

Sumber: detik.com

Jakarta, Liputanislam.com– Pemerintah Republik Indonesia melalui Komandan Satuan Tugas Kesehatan RS Darurat Covid-19 Wisma Atlet, Brigadir Jenderal Agung Hermawanto mengatakan pihaknya menyiagakan 24 jam tiga perawat di setiap lantai RS Darurat Wisma Atlet. Di setiap lantai terdapat 32 unit perawatan dengan dua tempat tidur.

“Masing-masing lantai ada tiga perawat yang bertugas selama 24 jam, sehingga bila ada keluhan dari pasien bisa segera ditangani perawat sebelum dilakukan pemeriksaan oleh dokter,” ujarnya di Jakarta pada Sabtu (28/3).

Menurutnya, pemeriksaan dilakukan di satu ruang terpisah yang disiapkan khusus untuk ruang periksa pasien yang memiliki keluhan. Total ruangan setiap lantai ada 34 unit, dengan rincian 32 unit ruang perawatan untuk pasien, satu ruang khusus periksa, dan satu ruangan untuk perawat. Semenjak digunakan pada 23 Maret 2020 lalu, RS Darurat Wisma Atlet telah melayani sekitar 335 pasien.

Sementara di tempat berbeda, Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa meminta penambahan 49 tenaga medis dari Batalyon Kesehatan (Yonkes) Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad) untuk membantu Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto, Jakarta dalam menangani Virus Corona jenis baru atau Covid-19.

Baca: Erick Thohir Imbau Masyarakat Disiplin Tetap di Rumah

Selain itu, Andika mengaku pihaknya juga mengupayakan untuk memenuhi kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) di RSPAD Gatot Soebroto bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pertahanan. “Inikan bersifat darurat (emergency), dan kemanusiaan, yang kalian (RSPAD) butuhkan akan kami usahakan, segera dan secepatnya,” tandasnya. (aw/republika/tempo).

 

DISKUSI: