Terungkap, Tersangka Korupsi Bansos Kemensos Lakukan Pertemuan Sebelum Kasus Pertama Corona

0
197

Mensos Julian Batubara (sumber: BBC)

Jakarta, LiputanIslam.com—Para tersangka korupsi bansos ternyata telah melakukan pertemuan sebelum kasus pertama Corona di Indonesia. Hal ini diungkap dalam rekonstruksi penyidik KPK terkait kasus korupsi bansos Corona pada Senin (1/2/2021) yang lalu.

Rekonstruksi ini dilakukan di Gedung ACLC KPK, Kuningan, Jakarta Selatan. Di sana, KPK menghadirkan tiga tersangka, yakni Matheus Joko Santoso, Adi Wahyono, selaku pejabat pembuat komitmen (PPK) Kementerian Sosial (Kemensos), dan Harry Van Sidabuke selaku pihak swasta pemberi suap. Sedangkan untuk tersangka Juliari Peter Batubara selaku mantan Menteri Sosial RI (Mensos RI) diperagakan oleh pemeran pengganti.

Dilansir dari detikcom, perencanaan korupsi ini terjadi dalam pertemuan yang terjadi pada Februari 2020.

Berdasarkan adegan rekonstruksi dari KPK, awalnya terdapat nama anggota DPR RI Fraksi PDIP Ihsan Yunus dalam pusaran korupsi. Saat itu, Ihsan Yunus menemui tersangka Matheus Joko Santoso dan seseorang bernama M Syafii Nasution.

Perbicangan mereka bertiga terjadi di Ruang Ruang Syafii Nasution pada Februari 2020. Peran Ihsan Yunus diperagakan oleh pemeran pengganti. Tidak ada pembicaraan ketiga orang itu dalam rekonstruksi.

Pada adegan 1A, tersangka Matheus Joko Santoso juga melakukan pertemuan dengan Deny Sutarman dan Agustri Yogasmara alias Yogas (operator Ihsan Yunus). Pertemuan digelar di Ruang Subdit Logistik Kemensos RI.

Deny Suratman dan Yogas diperankan oleh pemeran pengganti. Tidak dijelaskan apa yang mereka bicarakan dalam rekonstruksi itu.

Sebelumnya, diketahui bahwa pemerintah Indonesia baru mengumumkan kasus pertama virus Covid-19 pada 2 Maret 2020. Kasus pertama kali ditemukan dari keluarga yang berada di Depok, Jawa Barat. (ra/detik)

DISKUSI: