Terapkan New Normal, IPI Tunggu Detail Protokol Kesehatan Pemerintah

0
36

Sumber: republika.co.id

Jakarta, Liputanislam.com– Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Ikatan Pesantren Indonesia (IPI), KH Zaini Ahmad mengatakan bahwa pihknya saat ini masih menunggu secara detail apa saja protokol kesehatan yang dikeluarkan pemerintah menyusul akan diterapkannya situasi new normal atau tatanan baru hidup normal. Kebijakan new normal dipilih pemerintah sebagai langkah dalam menghadapi wabah covid-19 dan antisipasi dampaknya bagi negara.

“Ini kan pemerintah yang punya wewenang, kami pesantren sifatnya menunggu,” katanya di Jakarta pada Jumat (29/5).

Menurut Kiai Zaini, detailnya protokol kesehatan itu penting bagi setiap instansi, terutama di ranah pendidikan agar tidak ada kesalahan saat aktivitas belajar mengajar berjalan dalam situasi normal baru. Terlebih proses belajar dari rumah yang diterapkan selama ini menurut pandangannya tidak efektif dan maksimal.

Bahkan seiring menunggu aturan yang lebih detail terkait normal baru, pembatasan jarak fisik akan tetap dilakukan di pesantren bila proses belajar mengajar sudah bisa dimulai. Misalnya, kalau selama ini kursi dan meja digunakan untuk dua orang santri, maka nanti akan dibuat untuk satu orang saja.

Baca: Menuju New Normal, Bappenas Susun Protokol Untuk Masyarkat Produktif Aman

“Nantinya para santri di seluruh Tanah Air juga harus menggunakan masker selama berada pondok pesantren. Kami Ikatan Pesantren Indonesia siap dengan adanya pemberlakuan normal baru untuk mendukung aktivitas belajar mengajar,” tambahnya. (aw/republika/antara).

DISKUSI:
SHARE THIS: