Tanggapi Peringatan BNPT, PKS: Jangan Apriori ke Taliban

0
362

Sukamta (Republika)

Jakarta, LiputanIslam.com– PKS menanggapi pernyataan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Boy Rafli Amar bahwa ada sejumlah pihak yang menggalang simpatisan atas isu Taliban. 

Menurut Wakil Ketua Fraksi PKS Sukamta, peringatan BNPT tersebut sudah bagus namun masyarakat sebenarnya tidak perlu apriori atas kehadiran Taliban saat ini.

“Boleh jadi kemenangan Taliban ini menimbulkan semangat di kalangan umat Islam. Saya setuju soal menghindari kekerasan. Semangat yang muncul mestinya adalah semangat perbaikan, damai dan moderat,” kata Sukamta pada Jumat (20/8/2021).

Dilansir dari detikcom, Sukamta menyebut-nyebut kabar bahwa Taliban generasi saat ini berbeda dari pendahulunya. 

Taliban generasi saat ini lebih moderat dan bisa dibuktikan dari pertemuan mereka dengan tokoh maupun organisasi moderat di Indonesia.

“Sebagaimana berbagai tulisan dan statement yang muncul, Taliban generasi sekarang ini muncul dengan konteks dan karakter yang berbeda dengan pendahulunya dulu. Sekarang dikabarkan lebih moderat dan inklusif. Bahkan para pimpinan mereka sudah datang ke NKRI dan bertemu Pak JK dan juga PBNU,” ujar Sukamta.

“Dalam beberapa tulisan disebutkan mereka sempat meminta nasihat dari PBNU. Kalau belajarnya kepada PBNU, pasti moderat dan tidak ada kekerasan,” tambahnya. 

Sukamta berharap narasi terkait Taliban jangan selalu dihubungkan dengan kekerasan. 

“Pada prinsipnya peringatan Kepala BNPT itu bagus namun demikian juga jangan sampai alergi atau apriori dengan orang yang memperbincangkan Taliban. Jangan juga digebyah uyah, semua yang berbicara Taliban pasti setuju dengan cara cara kekerasan. Waspada perlu tetapi tidak perlu apriori,” ujarnya. (ra/detik)

DISKUSI: