Senin, Pemerintah Umumkan Pemenang Desain Ibukota Baru

0
130

Sumber: Setkab.go.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Pemerintah melalui Panitia Pelaksana Sayembara Desain Ibu Kota Baru rencananya akan mengumumkan pemenang Sayembara Desain Ibukota Baru pada Senin (23/12) besok. Ketua Panitia, Danis Hidayat Sumadilaga menyampaikan hal itu usai mendampingi 5 (lima) finalis sayembara dihadapan Presiden pada Jumat (20/12).

Menurutnya, ada 3 (tiga) kriteria desain yang sudah di set up oleh tim juri pada kerangka acuan kerja, yaitu satu menggambarkan identitas bangsa, keberlanjutan atau sustainability yang berhubungan dengan ekonomi, lingkungan, manusia. Dan kriteria ketiga adalah smart city atau smart metropolis.

“Berdasarkan konsep kriteria tadi diterjemahkan oleh para peserta menjadi gagasan desain yang tadi dipresentasikan oleh kelimanya di depan presiden,” ucapnya.

Sementara Presiden Jokowi menegaskan, pembangunan ibu kota bukan semata-mata pemindahan lokasi atau pemindahan bangunan, tetapi ia ingin ada pindah sistem, ada pindah budaya kerja. “Sehingga kita harapkan, kita memiliki sebuah konsep yang visioner,” ujarnya.

“Saya tahu bahwa ini bukan hanya smart city, compact city, yang nyaman, yang humanis, yang zero emission. Tetapi juga kita ingin membangun di sana selain cluster pemerintahan, nanti ada cluster pendidikan, ada cluster kesehatan, ada cluster riset dan inovasi, dan ada cluster financial center, sehingga dari sinilah kita ingin ada sebuah transformasi ekonomi, dari ekonomi yang kita miliki sekarang ini masuk kepada smart economy,” tambahnya.

Baca: Presiden Jokowi Optimis Kinerja KPK Akan Makin Baik

Presiden mengaku lokasi ibukota baru yang baru dilihatnya di Sepaku, Penajam Paser Utara memang sebuah lokasi perbukitan. Namun ia meyakini kalau para peserta Sayembara Desain Ibu Kota Baru nanti melihat ke sana, pasti senang sekali, karena memudahkan untuk lebih memperbaiki konsep-konsep yang ada. (aw/setkab/tribun).

 

DISKUSI: