Selain Indonesia, Ini 4 Negara yang Pernah Tolak Bertanding Lawan Timnas Israel

0
127

Sumber: Sindo

Jakarta, LiputanIslam.com–Menjelang kehadiran timnas Israel di perhelatan Piala Dunia U-20 2023, berbagai kecaman bermunculan dari masyarakat Indonesia. Pasalnya, banyak orang menolak hingga memboikot kedatangan para pemain sepakbola Israel ke Tanah Air dengan alasan pembelaan terhadap Palestina.

Pada tahun 1958, Indonesia pernah menolak bertanding dengan Israel secara resmi. Peristiwa ini terjadi di babak kualifikasi Piala Dunia 1958 di mana Indonesia berada dalam satu grup bersama Israel.

Sesuai instruksi langsung dari Presiden RI pertama, Soekarno, Indonesia memilih untuk tidak mengakui keberadaan negara Israel dan mengundurkan diri dari Piala Dunia 1958.

Indonesia bukan satu-satunya negara yang pernah memboikot kehadiran timnas Israel. Dilansir dari tvOnenews, berikut ini empat negara yang sebelumnya menolak bertanding sepak bola melawan Israel.

  1. Mesir
    Mesir adalah negara yang cukup keras menolak keberadaan Israel. Negara ini bahkan mengundurkan diri dari babak kualifikasi Piala Dunia 1958 ketika berada di satu grup dengan Israel.
  2. Argentina
    Sebagai Juara Piala Dunia 2022, siapa yang menyangka bahwa negara ini pernah menolak bertanding dengan Israel. Federasi sepak bola Argentina (AFA) menangguhkan sebuah laga di tanggal 9 Juni 2018 di Yerusalem. Penyerang Argentina kala itu, Gonzalo Higuain mendukung keputusan pembatalan pertandingan ini. “Pada akhirnya, mereka telah melakukan hal yang benar, dan ini ada di belakang kami,” kata Higuain kepada ESPN.
  3. Iran
    Iran merupakan salah satu negara yang paling keras menolak pertandingan dengan timnas Israel. Bahkan, federasi sepak bola Iran memberikan hukuman kepada dua pemainnya, Ehsan Hajsafi dan Masoud Shojai, yang ketahuan bermain menghadapi klub asal Israel. Mereka bermain membela Panionios yang bermain di Liga Turki saat menghadapi Maccabi Tel Aviv pada tahun 2017.
  4. Turki
    Selain Mesir, negara yang menolak bertanding melawan Israel dalam babak kualifikasi Piala Dunia 1958 adalah Turki. Negara ini bersikap keras dengan tidak mengakui keberadaan Israel. Bahkan, Turki rela mengundurkan diri dari babak kualifikasi Piala Dunia supaya tidak bertanding. (ra/tvonenews)

 

DISKUSI: