SDM Unggul, Presiden Hadiri Pengukuhan Guru Besar UIN Surabaya

0
73

Sumber: setkab.go.id

Surabaya, LiputanIslam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menghadiri dan memberikan selamat kepada KH Asep Saifuddin Chalim yang dikukuhkan sebagai Guru Besar Bidang Sosiologi UIN Sunan Ampel Surabaya pada Sabtu (29/2). Presiden sangat mendukung pengembangan dunia pendidikan dan studi Islam demi mewujudkan manusia Indonesia yang unggul dan berakhlak.

“Saya ingin menyampaikan selamat kepada KH. Asep Saifuddin Chalim atas pengukuhannya sebagai Guru Besar Bidang Sosiologi UIN Sunan Ampel. Saya mengikuti terus perjuangan beliau Bapak Kiai Asep dalam mengembangkan dan mewujudkan manusia unggul dan berakhlakul karimah,” ucapnya.

Menurut Presiden, kiprah Kiai Asep tidak hanya melalui pemikiran-pemikiran yang disampaikan di banyak kesempatan, tetapi yang lebih penting lagi adalah melalui kiprah dan karya yang diciptakan. Karya-karya yang mencerahkan seperti karya Kiai Asep penting untuk umat dan masyarakat Indonesia.

“Saya pernah membaca salah satu buku karangan Kiai Asep judulnya Aswaja, sebuah buku yang sangat apik yang menekankan pentingnya pendidikan keagamaan yang benar dalam keluarga supaya kita terhindar dari pemikiran dan kepercayaan yang menyimpang di tengah derasnya arus informasi dan perkembangan teknologi saat ini,” ujarnya.

Tidak dipungkiri, di tengah era terbuka sekarang ini, dengan mudah menyaksikan gerakan-gerakan ekstremis muncul yang bahkan memicu peperangan dan konflik di beberapa negara. “Di sinilah pendidikan moderasi yang dianut warga NU (Nahdatul Ulama) dan dikembangkan Kiai Asep sangat relevan untuk kita aplikasikan. Pendidikan yang mengusung nilai-nilai dan karakter Tawazun, I’tidal, dan Tasamuh,” katanya.

Baca: Pelajar Indonesia Raih Medali Emas Ajang Jujitsu Internasional

“Nilai-nilai dan karakter tersebut menjadi kekuatan pendidikan dalam menjaga Pancasila dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, merawat persatuan dan kesatuan bangsa serta membangun masyarakat yang madani, serta menyaksikan kiprah dan karya nyata di masyarakat,” tambah Presiden. (aw/kumparan/setkab).

DISKUSI:
SHARE THIS: