Romo Haryanto: Indonesia Rumah Bersama Semua Umat

0
68

Sumber: indonews.id

Jakarta, LiputanIslam.com– Romo Paroki Gereja St Theresia Jakarta, Romo Johannes Haryanto mengajak semua umat beragama untuk terus menguatkan persatuan sebagai sesama anak bangsa. Menurutnya, Indonesia adalah rumah bersama bagi seluruh umat beragama. Oleh karena itu hendaknya kita terus membangun kebersamaan dengan saling mendengar dan berbagi.

“Agama bisa menjadi penguat persatuan,” ucapnya saat merefleksikan perayaan Natal 2019 di Jakarta pada Rabu (25/12).

Romo Haryanto mengungkapkan bahwa adanya komunikasi antar umat beragama sangat penting. “Karena kalau nggak mengenal, nggak sayang kan? Kalau kita nggak bisa ngomong satu sama lain, yang muncul adalah apa yang ada di kepala kita diterapkan kepada orang lain begitu saja, tanpa mendengar,” katanya.

Sejalan dengan tema Natal tahun ini, “Hiduplah sebagai Sahabat bagi Semua Orang”, Romo Haryanto mengajak umat kristiani membuka diri dan belajar rendah hati menerima orang lain. “Ada orang yang takut masuk ke rumah ibadah agama lain, misalnya, takut imannya copot. Itu terlalu naif,” ujarnya.

Baca: Meninjau Kemajuan Energi Terbarukan di Indonesia

Hidup beragama itu, lanjut dia, sama seperti kita hidup bertetangga. Kuncinya saling menghormati. Kita saling menghargai, menghormati, dan saling mengenal,” tandasnya. (aw/republika/indonews).

DISKUSI: