Resmi! Pemerintah Indonesia Tolak Pulangkan WNI Eks ISIS

0
161

Sumber: antaranews.com

Bogor, Liputanislam.com– Pemerintah Republik Indonesia secara resmi telah memutuskan menolak pulangnya WNI eks ISIS, baik yang ada di Suriah maupun di Turki. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD menegaskan bahwa pemerintah telah memutuskan tidak akan memulangkan WNI terduga teroris yang ada di berbagai negara.

“Pemerintah tidak ada rencana memulangkan teroris. Tidak akan memulangkan FTF (foreign terrorist fighter) ke Indonesia,” ucapnya di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Selasa (11/2).

Menurutnya, pemerintah mengkhawatirkan WNI eks ISIS tersebut justru akan membawa virus baru di Indonesia jika dipulangkan. Sehingga pemerintah memutuskan tak akan memulangkan para WNI mantan teroris tersebut. “Keputusan rapat tadi pemerintah harus beri rasa aman dari ancaman teroris dan virus-virus baru terhadap 267 juta rakyat Indonesia,” tegasnya.

Namun begitu, pemerintah akan tetap mendata berapa jumlah WNI eks ISIS itu. “Meski begitu, pemerintah juga akan menghimpun data yang lebih valid tentang jumlah dan identitas tentang orang-orang yang dianggap terlibat bergabung dengan ISIS,” ujarnya.

Baca: Pertama Sejak 2012, Tentara Suriah Kuasai Penuh Jalur Damaskus-Aleppo

Mahfud juga menambahkan, pemerintah masih akan mempertimbangkan untuk memulangkan anak-anak di bawah usia 10 tahun.  “Anak-anak di bawah 10 tahun akan dipertimbangkan, tapi case by case. Ya lihat aja apakah ada ortunya atau tidak, yatim piatu,” tandasnya. (aw/republika/detik).

 

DISKUSI: