Presiden Jokowi: SDM Indonesia Harus Unggul dan Kompetitif

0
98

Sumber: beritaterbit.com

Surabaya, Liputanislam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengatakan bahwa kemajuan dan perubahan dunia di era sekarang sangat cepat terjadi. Karena itu semua Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia harus mampu menghadapi tantangan yang ada, unggul, dan mampu bersaing (kompetitif), sehingga mampu menjadi motor penggerak transformasi mewujudkan Indonesia maju.

“Dunia sudah berubah sangat cepat, super cepat bahkan terdisrupsi, cara-cara lama, cara-cara lama yang sudah usang, cara-cara lama yang cepat usang, skil-skil baru, kemudian cara-cara baru sangat dibutuhkan sekarang ini,” ujarnya saat berada di UIN Sunan Ampel Surabaya, Jawa Timur pada Sabtu (29/2).

“Sekali lagi, skil-skil baru dan cara-cara baru sangat dibutuhkan saat ini, di era yang semakin kompetitif insan Indonesia harus punya kompetensi-kompetensi baru. Tidak hanya menguasai soft skill tetapi juga hybrid skill, keterampilan teknis dan keterampilan sosial dan inovasi,” tambahnya.

Menurut Presiden, bahkan keterampilan yang ada sekarang pun perlu di-upscalling, juga perlu di-rescalling untuk mengikuti kebutuhan baru dan teknologi baru serta sistem kerja yang baru. Oleh karena itu, seluruh lembaga pendidikan harus me-review kembali kurikulum, harus membuat konten-konten pelajaran baru, harus membuat metode-metode pembelajaran baru, dan mencetak lulusan yang terampil, yang unggul, dan berakhlak mulia.

Baca: Kongres Umat Islam Indonesia Hasilkan 9 Poin Kesepakatan

“Itulah yang disebut oleh Kiai Asep sebagai manusia yang unggul, yang mutu, dan berakhlakul karimah. Itulah yang menjadi perjuangan Kiai Asep yang dibuktikan dalam pemikira-pemikiran beliau, yang dibuktikan dengan aksi-aksi yang nyata beliau,” ungkapnya. (aw/setkab/okezone).

DISKUSI: