Politikus PD: Ada 4 Faksi Pendiri Demokrat Dukung Moeldoko Gantikan AHY

0
138

sumber: Tribunnewsmaker

Jakarta, LiputanIslam.com—Politikus Partai Demokrat (PD), Yus Sudarso, mengklaim adanya dukungan internal PD kepada Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko untuk menggantikan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai Ketua Umum partai tersebut. Dukungan ini diberikan oleh empat faksi pendiri PD.

Menurut Yus, faksi pertama yang ia maksud berada di barisan Ketua Umum Partai Demokrat 2001-2005, Subur Budhisantoso. Faksi kedua ada di barisan Ketua Umum kedua Partai Demokrat yakni mendiang Hadi Utomo. Selanjutnya, faksi ketiga dipimpin oleh Ketua Umum ketiga Partai Demokrat, Anas Urbaningrum. Sedangkan, faksi keempat ialah di barisan mantan Ketua DPR RI Marzuki Alie.

Dilansir dari CNN (2/2), keempat fraksi tersebut disebut Yus sudah bertemu dan mencapai persamaan pandangan, setelah mempertimbangkan tantangan yang akan dihadapi Demokrat ke depan akan semakin berat.

“Ya [empat faksi ingin Moeldoko gantikan AHY] kurang lebih begitu,” kata Yus pada Selasa (2/2).

Ia menjelaskan, Moeldoko merupakan sosok yang tepat untuk menduduki jabatan pemimpin Partai Demokrat. Sementara itu, AHY akan menjadi prioritas untuk menjabat sebagai menteri bila Demokrat berhasil memenangkan Pilpres 2024 mendatang.

“Kawan melihat figur yang pas untuk di-create adalah Moeldoko. Akan tapi kami sayang SBY [Susilo Bambang Yudhoyono], sayang AHY, kalau Demokrat punya presiden pastinya AHY skala prioritas menjadi menteri kami dan 10 tahun ke depan beliau akan lebih matang untuk menjadi pemimpin bangsa ini,” kata Yus.

Menurut Yus, empat faksi itu telah bertemu dalam satu titik untuk kebaikan Demokrat di masa mendatang.

“Jadi tanpa ada rekayasa, kawan-kawan ini bertemu dalam satu titik pemikiran, bagaimana Demokrat ke depan,” ucapnya. (ra/cnn)

DISKUSI: