Polemik All England, Tim Bulutangkis Indonesia Akan Pulang Besok

0
582

Ganda putra Indonesia Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon saat tampil di babak pertama All England 2021, Rabu, 17 Maret. (Sumber: Liputan6)

Jakarta, LiputanIslam.com–Tim bulutangkis Indonesia dipaksa mundur dari kompetisi All England 2021 karena satu pesawat dengan penumpang posituf COVID-19. Akibatnya, mereka diwajibkan isolasi mandiri hingga 23 Maret oleh NHS (National Health Service).

Setelah adanya koordinasi yang panjang antara PBSI dengan KBRI, Kemenlu dan Kemenpora, para atlet dan tim bisa pulang ke Tanah Air lebih cepat yaitu pada Minggu (21/3) besok.

Menurut keterangan pers Manajer Tim All England 2021 Indonesia, Ricky Soebagdja, tim Indonesia  dijadwalkan akan berangkat dari London pukul pukul 17.40 waktu setempat dengan menumpang pesawat maskapai Turkish Airlines TK1972.

Mereka akan singgah terlebih dulu ke Istanbul selama dua jam, lalu dilanjutkan dengan penerbangan TK56 tujuan Istanbul ke Jakarta, dan diperkirakan tiba pada pukul 18.00 WIB.

Dilansir dari CNN Indonesia, Manajer Tim All England 2021 Indonesia sudah berkoordinasi dengan berbagai pihak, khususnya dengan Duta Besar RI di London, Desra Percaya.

KBRI, kata Ricky, juga memfasilitasi tes kit untuk swab secara mandiri, yang nantinya dibawa oleh KBRI ke laboratorium di Birmingham untuk dites PCR. Proses swab dilakukan oleh dokter PP PBSI.

Atlet Jonatan Christie mengaku berterimakasih untuk pihak KBRI di Inggris, Kemenpora, dan Bapak Presiden Jokowi yang sudah memperhatikan dan meminta kasus ini untuk ditangani secepat mungkin.

Jonatan sendiri sebelumnya sempat bertanding mengalahkan Kunlavut Vitidsarn pada babak pertama, dengan skor 21-13, 24-22. Namun, setelah itu, ia tidak dapat lanjut bertanding.

“Ya walaupun kita tidak dapat lanjut bertanding, tetapi kita ambil hikmahnya. Pastinya kita akan lakukan yang terbaik untuk pertandingan berikutnya,” kata Jonatan. (ra/cnn)

DISKUSI: