Polda Jateng Tangkap 3 Provokator Penolakan Jenazah Perawat Semarang

0
595

Sumber: kompas.com

Semarang, Liputanislam.com– Pihak Kepolisian Daerah Jawa Tengah (Polda Jateng) menangkap tiga orang pelaku provokasi penolakan pemakaman jenazah seorang perawat positif covid-19 di Ungaran, Semarang. Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Jawa Tengah, Kombes Pol.Budi Haryanto mengatakan bahwa pihaknya telah mengamankan ketiga pelaku tersebut dan saat ini sedang menjalani pemeriksaan.

“Sudah kami amankan tiga orang yang diduga memprovokasi warga untuk menolak pemakaman jenazah tersebut,” ucapnya di Semarang, Jawa Tengah (Jateng) pada Sabtu (11/4).

Ketiga orang yang sudah ditetapkan sebagai tersangka dalam penolakan pemakaman jenazah di TPU Sewakul pada 9 April 2020 tersebut masing-masing THP (31) BSS (54) dan S (60) masing-masing warga Sewakul, Ungaran Barat, Kabupaten Semarang. Ketiga tersangka dinilai telah memprovokasi dan menghalangi petugas yang akan memakamkan jenazah tersebut.

Menurut Budi, sebenarnya pada peristiwa penolakan itu ada ada sekitar 10 orang yang memblokade jalan masuk menuju TPU sehingga petugas tidak bisa melaksanakan tugasnya. Tiga orang sudah ditetapkan sebagai tersangka, sementara tujuh orang lainnya akan menjalani pemeriksaan sebagai saksi.

Ia juga menegaskan dan mengingatkan masyarakat bahwa proses penanganan jenazah terinfeksi covid-19 hingga pemakamannya telah melalui prosedur yang aman dan sesuai dengan standar medis. Oleh karena itu, masyarakat diminta tidak khawatir berlebihan, apalagi sampai melakukan penolakan.

Baca: PBNU-PP Muhammadiyah: Tak Boleh Tolak Jenazah Pasien Covid-19

“Kami pasti mengawal dan pemerintah tidak mungkin ceroboh, tidak mungkin tidak perhatikan keselamatan warga. Setiap pemakaman jenazah terinveksi Corona sudah dapatkan SOP,” terangnya. (aw/detik/republika).

DISKUSI: