Plt BPIP: Tingkatkan Toleransi Dengan Kreasi dan Prestasi

0
94

Sumber: kemenag.go.id

Jakarta, Liputanislam.com– Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), Prof Hariyono memberikan apresiasi kepada Kementerian Agama (Kemenag) yang dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) tahun 2020 mengangkat tema “Moderasi Beragama, Umat Rukun, Indonesia Maju.” Menurutnya, tema itu sarat akan nilai-nilai dan semangat Pancasila.

“Tema Rakernas kali ini, Moderasi Beragama, Umat Rukun, Indonesia Maju itu merupakan bentuk pengejawantahan yang secara substansial penuh dengan nilai-nilai Pancasila,” ucapnya di Jakarta pada Rabu (29/1).

Hariyono mengatakan bahwa di tengah keragaman suku, budaya, dan agama Indonesia hingga hari ini mampu bersatu dan rukun karena ada Pancasila sebagai alat pemersatu bangsa. dan untuk ke depannya, Pancasila tidak hanya sebagai penjaga kerukunan dan toleransi, tetapi juga harus ditingkatkan menjadi kreasi dan prestasi.

“Pancasila bukan sekedar sarana untuk toleransi, tapi toleransi harus ditingkatkan dengan kreasi, inovasi dan prestasi,” ungkapnya.

Selain itu, pada kesempatan tersebut juga dilakukan nota kesepahaman mengenai moderasi beragama antara Kemenag dengan BPIP. “Penandatanganan nota kesepahaman ini kita harapkan bisa nanti diwujudkan sehingga agama di Indonesia bisa mencerminkan agama yang membawa peradaban,” katanya.

Baca: Ma’ruf Amin Akui Ada Perlambatan Ekonomi

“Kemenag menjadi partner yang sangat strategis karena selain memiliki lembaga pendidikan yang formal, dari madrasah sampai dengan IAIN atau STAIN dan madrasah, ini pengaruhnya sangat besar untuk saling bersinergi,” tambah Hariyono. (aw/kemenag/daulat).

DISKUSI: