Pidato di PBB, Menlu RI: Jangan Sampai Rakyat Palestina Terus Alami Ketidakadilan

0
507

Sumber: Tribunnews

Jakarta, LiputanIslam.com– Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi menyampaikan pidato terkait isu Israel-Palestina di depan Majelis Umum PBB di New York, Kamis (21/5).

Dalam pidatonya, Retno mendesak agar segera dilakukan genjatan senjata agar tidak ada lagi korban nyawa orang-orang tidak bersalah.

“Tanggung jawab utama kita adalah menyelamatkan nyawa. Dan setiap menit yang kita habiskan di sini untuk berunding bisa berarti hilangnya nyawa warga Palestina lainnya,” katanya.

Dilansir dari Kompas, Retno meminta Majelis Umum bersama lembaga PBB lainnya untuk mendesak Israel untuk membuka akses bantuan kemanusiaan bagi warga Palestina.

“PBB harus mendesak Israel membuka dan membolehkan akses pengiriman bantuan kemanusiaan, termasuk di Gaza yang telah dikepung selama lebih dari 13 tahun,” ujar Menlu.

Indonesia juga mengharap PBB bisa upayakan negosiasi multilateral antar dua negara yang adil dan komprehensif.

“Jangan sampai rakyat Palestina tidak lagi punya pilihan selain menerima ketidakadilan sepanjang hidup mereka,” tegas Menlu.

Dalam kesempatan tersebut, Menlu Retno juga serukan untuk bersatu dalam melawan upaya tindakan hingga ancaman yang dilakukan Israel. (ra/kompas)

 

DISKUSI: