Pertumbuhan Ekonomi Hanya 2,97 Persen, Jokowi: Relatif Lebih Baik Dibanding Negara Lain

0
120

Sumber: tirto.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal I 2020 hanya sebesar 2,97 persen. Capaian pertumbuhan ekonomi ini merupakan yang terendah sejak 2001 dan jauh dari ekspektasi pasar.

Akan tetapi, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, ekonomi Indonesia tumbuh lebih baik dibandingkan dengan negara lain.

“Walaupun hanya tumbuh 2,97 persen tapi dibandingkan negara lain yang telah merilis PE-nya, kinerja ekonomi negara kita relative masih baik,” kata Jokowi, Rabu (6/5).

Baca: BPS: Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal I 2020 Terendah Sejak 2001

Dia menerangkan, kinerja ekonomi Indonesia lebih baik karena pertumbuhan ekonomi di negara-negara lain justru negatif. Misalnya, China turun dari 6 persen menajdi -6,8 persen.

“Artinya ini YoY deltanya 12,8 persen. Prancis deltanya 6,25 persen. Minus. Hongkong delta 5,9 persen, Spanyol delta 5,88 persen. Italia 4,95 persen tumbuh negative,” terangnya.

Dia menyampaikan, pandemi virus corona (Covid-19) telah menekan laju perekonomian di banyak negara termasuk Indonesia, khususnya dari sisi demand dan supply.

Kemudian, Indeks Manufaktur Indoensia (PMI) terkontraksi paling dalam dibandingkan negara ASEAN. Dalam hal ini, dia meminta agar Menteri Bidang Ekonomi memperhatikan situasi kondisi saat ini sehingga bisa mengambil kebijakan yang tepat sasaran.

“Saya minta Menteri Bidang Ekonomi perhatikan angka-angka yang saya sampaikan secara detail. Mana saja sektor dan subsector yang alami kontraksi terdalam, dicarikan stimulusnya. Sehingga program stimulus ekonomi harus kita buat dan tepat sasaran,” ujarnya. (sh/merdeka/cnbcindonesia)

 

DISKUSI: