Pencari Suaka WN Afghanistan Berdemo di Kantor UNHCR, Ini Isi Tuntutannya

0
339

Sumber: JawaPos.com

Jakarta, LiputanIslam.com– Pencari suaka warga negara Afghanistan berdemo di depan kantor UNHCR, Jakarta Pusat, pada Selasa (24/08/2021) sejak pukul 09.00 WIB. 

Mereka menuntut UNHCR untuk memberikan kejelasan terkait nasib mereka di Indonesia. Mereka menuntut  agar segera bisa dipindahkan ke permukiman permanen di negara ketiga sebagai pengungsi.

Salah satu pengungsi Afghanistan, Hakmat, menuturkan dalam keterangan tertulis bahwa ia sudah tinggal di Jakarta sejak 2013. Dia mengatakan beberapa keluarga dan kerabatnya sudah kembali ke Afghanistan.

“Selama beberapa minggu terakhir saya benar-benar khawatir tentang keselamatan dan kesejahteraan keluarga saya. Mereka berada dalam bahaya langsung,” tulis Hakmat.

“Kami mengadakan protes ini untuk menekan UNHCR, pemerintah Australia dan negara-negara lain yang menerima pengungsi dari Indonesia untuk mengerjakan proses permukiman kembali yang sudah terlalu lama. Ribuan pengungsi telah menunggu di sini di Indonesia selama 8-10 tahun untuk dimukimkan kembali,” lanjut dia.

Para pendemo terlihat membawa sejumlah poster, salah satunya bertulisan ‘We are mentally exhausted by long processing times’.

WN Afghanistan juga membentangkan sebuah spanduk besar dengan tulisan ‘UNHCR Indonesia mohon untuk tidak menyalahi prosedur kerja, konvensi 1951 dan protokol 1967. Hentikan kebijakan yang tidak manusiawi terhadap pencari suaka di Indonesia. Kami butuh perpindahan sebabkan kami hidup sengsara’. (ra/detik)

DISKUSI: