Pemerintah Tegaskan Prioritas ‘Rapid Test’ untuk Tenaga Medis dan ODP

0
320

Sumber: tribunnews.com

Jakarta, Liputanislam.com– Pemerintah Republik Indonesia menegaskan bahwa prioritas alat dan pelaksanaan Rapid Tes diberikan kepada para tenaga medis dan keluarganya yang menangani pasien terinfeksi virus corona (covid-19). Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, yang diprioritaskan selain tenaga medis ialah orang dalam pemantauan (ODP).

Demikian hal itu disampaikan Presiden saat memberikan pengantar pada Rapat Terbatas (Ratas) melalui konferensi video dari Istana Kepresidenan Bogor, Provinsi Jawa Barat, pada Senin (30/3).

“Saya juga minta agar ketersediaan Rapid Test, kemudian Polymerase Chain Reaction (PCR), Viral Transfer Media (VTM) untuk percepatan pemeriksaan di laboratorium,” ucapnya.

Presiden juga meminta sistem informasi pelayanan di rumah sakit rujukan, termasuk ketersediaan ruang perawatan di rumah sakit darurat, seperti di Wisma Atlet betul-betul sistemnya harus dibangun. “Sistem pendaftaran yang terintegrasi dengan online, sehingga semuanya bisa lebih cepat terlayani,” ujarnya.

Selain itu, ia juga meminta apotek dan toko-toko pensuplai kebutuhan pokok tetap buka melayani kebutuhan warga dengan tetap melakukan protokol jaga jarak yang ketat. Sebab, kebutuhan pokok masyarakat itu merupakan hal yang utama yang harus diperhatikan di tengah keadaan darurat ini.

Baca: Kabar Baik, 4 Pasien Corona di Semarang Dinyatakan Sembuh

“Kemudian bagi UMKM, pelaku usaha dan pekerja informal. Tadi juga sudah kita bicarakan pemerintah segera menyiapkan program perlindungan sosial dan stimulus ekonomi. Ini nanti yang akan segera kita umumkan kepada masyarakat,” tambahnya. (aw/setkab/Inews).

DISKUSI: