Pemerintah Salurkan Subsidi Upah Rp 1 Juta untuk Warga Terdampak PPKM

0
451

Sumber: Sriwijaya Post

Jakarta, LiputanIslam.com– Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat atau level 4 telah memukul ekonomi banyak pekerja. Karena itu, pemerintah kembali menyalurkan kebijakan subsidi upah.

Bonus upah kali ini senilai Rp 1 juta untuk jatah dua Juli-Agustus, masing-masing Rp 500 ribu per bulan. Pemerintah menargetkan jumlah penerima sebanyak 8 juta pekerja dengan anggaran Rp 8 triliun.

“Subsidi upah sebesar Rp 500 per bulan selama dua bulan yang akan diberikan sekali pencairan subsidinya Rp 1 juta,” kata Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah pada Rabu (22/7/2021), seperti dilansir dari CNBC Indonesia.

Ida menambahkan, penerima subsidi ini hanya diberikan kepada pekerja atau buruh di sektor yang terdampak PPKM darurat, seperti di industri konsumsi perdagangan dan jasa kecuali pendidikan dan kesehatan. Selain transportasi, aneka industri, dan properti dan real estate.

Para penerima juga harus terdaftar jaminan sosial ketenagakerjaan aktif di BPJS Ketenagakerjaan yang dibuktikan dari nomor kepesertaan sampai Juni 2021. (ra/cnbc)

DISKUSI: