Pagi Hari, Rupiah Menguat ke Posisi Rp 14.712 per Dolar AS

0
70

Sumber: republika.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) pada perdagangan Jumat (29/5) Pagi menguat ke posisi Rp 14.712 per dolar AS. Rupiah menguat 0,02 persen dibandingkan hari sebelumnya.

Kepala Riset Monex Investindo Ariston Tjendra menilai, meski rupiah terapresiasi, namun masih berada dalam zona merah. Sebab, pergerakan rupiah masih dibayang-bayangi sentimen negatif dari hubungan AS dan China.

“Sentimen negatif peningkatan ketegangan AS dan China mulai menguat sehingga menekan turun harga aset-aset berisiko,” kata dia, Jumat (29/5).

Baca: Respon Kebijakan New Normal, Rupiah Alami Apresiasi

Akan tetapi, sentimen tersebut juga akan menekan dolar AS karena mempengaruhi ekonomi di AS. Jadi, meski rupiah nanti mengalami pelemahan, namun tidak terlalu dalam.

“Jadi mungkin pelemahan rupiah juga tak terlalu dalam karena dolar AS sebenarnya juga mendapatkan sentimen negatif dari ketegangan hubungan negara itu dengan China,” ujarnya.

Dia memprediksi, rupiah pada perdagangan hari ini akan bergerak di kisaran Rp 14.650 per dolar AS sampai Rp 14.780 per dolar AS.

Pada pagi ini, mayoritas mata uang Asia mengalami penguatan. Yen Jepang menguat sebesar 0,21 persen, ringgit Malaysia 0,1 persen, won Korea Selatan 0,09 persen, peso Filipina 0,26 persen, dan dolar Singapura 0,17 persen. (sh/kompas/cnnindonesia)

 

 

DISKUSI: