Olimpiade Tokyo, Eko Yuli Irawan Persembahkan Medali Perak bagi Indonesia

0
394

Sumber: Sindo

Jakarta, LiputanIslam.com– Lifter putra Indonesia, Eko Yuli Irawan, berhasil menyabet medali perak pada Olimpiade Tokyo pada hari ini (25/07/2021).

Posisi kedua ini diraih Eko kedua dengan mencatat total angkatan 302 kg.

Sementara itu, medali emas direbut oleh saingan terberat Eko yaitu lifter Cina, Li Fabin.

Berulang kali Eko mengejar total angkatan mili Li Fabin ketika ia sukses melakukan angkatan pertama Clean and Jerk seberat 165 kg.

Eko Yuli memutuskan menaikkan beban hingga 12 kilogram menjadi 177 kilogram pada angkatan kedua. Namun, upaya Eko belum membuahkan hasil hingga angkatan ketiga.

“Setelah sukses angkatan pertama Clean and Jerk 165 kilogram, saya memang mengambil keputusan untuk menaikkan beban menjadi 172 kilogram. Karena, pada angkatan Snatch, saya sudah selisih 4 kilogram dengan Li Fabin. Keputusan itu harus saya ambil untuk membuka peluang meraih emas,” jelas Eko.

Dengan kemenangannya ini, ia mencatat sejarah di angkat besi Indonesia.

Ia menjadi satu-satunya atlet Indonesia yang meraih medali pada empat penampilan beruntun di Olimpiade. Dia juga  meraih medali perunggu di Olimpiade 2008 Beijing, Olimpiade 2012 London, dan Olimpiade 2016 Rio de Janeiro.

“Saya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk bisa menjadi yang terbaik. Dan, kita mesti bersyukur dengan rezeki yang telah diberikan,” kata Eko melalui keterangan tertulis usai pertandingan.

“Saya minta maaf karena masih belum bisa mempersembahkan emas untuk Indonesia, sebagaimana cita-cita saya,” imbuhnya. (ra/tempo)

 

DISKUSI: