Novel Baswedan Bantah Lindungi Anies di KPK

0
844

Sumber: Kumparan

Jakarta, LiputanIslam.com– Penyidik senior Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif, Novel Baswedan dituding melindungi sepupunya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, terkait kasus dugaan korupsi pengadaan tanah di Munjul.

Diketahui, KPK memeriksa Anies terkait kasus ini setelah Novel berstatus nonaktif dan diputuskan akan dipecat per 30 September 2021.

Namun, Novel membantah tuduhan itu. Ia mengaku sejak awal tidak terlibat dalam penanganan kasus tersebut. 

Menurutnya, siapapun bisa diperiksa jika dinilai penyidik mengetahui perkara yang sedang ditangani. 

“…di KPK itu ada pembagian tugas, di penyidikan pun ada bagian-bagiannya sendiri yang masing-masing tidak mengetahui kasus yang ditangani yang lain. Di KPK tidak biasa dengan intervensi seperti itu,” kata Novel. 

Selain itu, Novel mengungkapkan sistem di KPK memang tidak bisa memberikan celah untuk perbuatan intervensi. Jika dirinya benar melindungi Anies, hal itu akan terbongkar juga oleh penyidik lainnya.

Anies diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Yoory Corneles Pinontoan selaku mantan Direktur Utama Perumda Pembangunan Sarana Jaya, Selasa (21/9).

Anies disebut turut memberikan informasi terkait dengan program rumah DP 0 rupiah. Hal ini sebagaimana temuan KPK bahwa pengadaan tanah di Munjul rencananya akan digunakan untuk program tersebut. (ra/cnn)

 

DISKUSI: