MUI Jateng: Jika Masih Pandemi, Salat Idul Fitri di Rumah

0
119

Sumber: kuasakata.com

Semarang, Liputanislam.com– Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Tengah (Jateng), KH Ahmad Darodji mengajak masyarakat agar nantinya melaksanakan salat Idul Fitri 1441 Hijriah di rumah jika wabah pandemi masih belum selesai. Walaupun ada kebijakan pemerintah “herd immunity“, tetapi itu bukan berarti kita bebas semaunya.

“Kami memaknai ‘herd immunity’ mengajak berdamai dan bersahabat dengan penyakit virus corona dalam kapasitas sama-sama sebagai makhluk Allah. Namun pola penyebaran corona yang ganas dan mematikan harus tetap diperangi lewat social-physical distancing,” ujarnya di Semarang, Jawa Tengah pada Kamis (14/5).

Menurutnya, kebijakan “herd immunity” jangan dipahami untuk kembali menggelar sholat berjamaah di masjid, kemudian bebas bermudik Lebaran dan sebagainya. Kebijakan herd immunity harus dipahami sebagai upaya menjaga pola hidup sehat dan bersih, serta menjaga daya tahan tubuh.

“Justru kami meminta untuk memahami maunya Covid-19, seperti harus berpola hidup bersih, mengenakan masker, menerapkan social-physical distancing dan sebagainya,” ucapnya.

Baca: Jokowi: Hadapi Cobaan ini Dengan Tenang dan Sabar

Pihak MUI Jateng, tambah dia, hingga kini terus menyerukan kepada masyarakat agar untuk sementara waktu salat dulu di rumah. Termasuk nanti salat Idul Fitri kalau masih wabah belum selesai. Pihaknya juga telah mengeluarkan petunjuk tata cara salat Id di rumah.

“Disertai naskah khotbah dan tuntunan doa-doanya secara sederhana agar dapat dilaksanakan para suami di rumah untuk menjadi imam dan khotib,” ungkapnya. (aw/republika/ayosemarang).

DISKUSI: