Menuju New Normal, Bappenas Susun Protokol Untuk Masyarkat Produktif Aman

0
110

Sumber: katadata.co.id

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian PPN atau Bappenas tengah menyusun protokol dalam rangka mempersiapkan Indonesia memasuki tatanan hidup baru atau new normal.

“Bappenas saat ini sedang menyusun protokol untuk masyarakat produktif aman dari Covid,” ujar Deputi Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Bappenas, Subandi Sardjoko, Jakarta, Jumat (29/5).

Subandi mengatakan, ada beberapa kriteria yang harus diperhatikan untuk memasuki era new normal. Pertama, kriteria epidemi, yaitu penyebaran virus corona harus di bawah angka satu.

“Pada waktu itu dia sudah harus di bawah 1, jadi 1 orang bisa menularkan 2-6 orang. Ini sangat tinggi dan harus diturunkan tentunya dengan intervensi,” kata dia.

Baca: Indonesia Menuju New Normal, Ini Daerah yang Sudah Siap

Kedua, sistem kesehatan yang dibangun harus memiliki kemampuan pelayanan kesehatan. Mengacu pada WHO, jumlah kasus baru harus bisa dilayani sesuai jumlah tempat tidur 20 persen lebih banyak.

“Jadi harus bisa melayani 120 persen dari kasus baru,” ucapnya.

Ketiga, jumlah alat tes yang cukup. WHO mengusulkan jumlah rapid test satu dari seribu orang. Melihat jumlah penduduk Indonesia yang mencapai 270 juta, maka Bappenas mengusulkan 3.500 alat test per satu juta penduduk.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan, pihaknya sedang membuat rencana uji coba atau simulasi penerapan skenario new normal.

“Pembukaan pada minggu depan, serta melakukan sosialisasi, edukasi, pengawasan dan penegakan hukum yang tegas,” paparnya.

Jika selama simulasi new normal dilakukan ada peningkatan kasus Covid-19 yang signifikasn, maka kemungkinan pemerintah akan membatalkan aturan tersebut.

“Data-data yang sifatnya dinamis tersebut juga akan terus dikoordinasikan sesuai dengan situasi dan keadaan di daerah masing-masing,” jelasnya. (sh/detik/liputan6)

DISKUSI: