Mengenal Tren “Ikoy-ikoyan” di Instagram

0
462

Jakarta, LiputanIslam.com– Ikoy-ikoyan menjadi tren baru di media sosial Instagram dalam beberapa hari ke belakang. Banyak artis dan selebgram turut mengikuti tren baru ini hingga memancing pro dan kontra. 

Pada awalnya, tren ikoy-ikoyan diperkenalkan oleh penulis sekaligus selebgram Arief Muhammad di akunnya @ariefmuhammad. Ia melakukan giveaway (bagi-bagi) hadiah seperti uang, makanan, vitamin hingga ponsel kepada para pengikutnya di Instagram. 

Arief pun memerintahkan pembagian itu dilakukan oleh staf Arief yang bernama Ikoy alias Rizqi Fadillah. Dari sanalah muncul istilah ikoy-ikoyan yang menggema di antara netizen Instragram.

Dilansir dari detikcom, tren ini kemudian menyebar ke selebgram lainnya, seperti Tasya Farasya, Jejow, Dwihanda hingga Fadil Jaidi. Mereka ikut berbagi hadiah kepada pengikut Instagram mereka.

Contohnya, Tasya membagi-bagikan uang, kopi jualannya, rangkaian makeup dan skincare kepada pengikutnya. Ada juga YouTuber Fadil Jaidi yang memilih mengikuti tren ikoy-ikoyan dengan menitipkan ‘hadiah’ melalui Arief Muhammad.

Seiring meningkatnya popularitas ikoy-ikoy, Arief pun mengaku senang karena ia telah memberikan dampak positif. 

“Hahaha, sampai ke Tasya! Ikoy-ikoyan mulai mewabah di Indonesia. Senang sekali bisa menyebarkan kegiatan random bermanfaat seperti ini,” ucapnya.

Namun, tren ini juga memancing kritikan dari sebagian pihak. Sejumlah figur publik merasa mereka diteror oleh warganet yang “mengemis” hadiah secara paksa. Mereka juga menegaskan bahwa cara setiap orang untuk berbagi berbeda-beda. (ra/detik/kumparan)

DISKUSI: