Menag: Pesantren Punya Andil Besar Dalam Kemerdekaan Indonesia

0
99

Sumber: kemenag.go.id

Kediri, Liputanislam.com– Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi mengatakan bahwa pemerintah tidak akan bisa berjalan dengan baik tanpa dukungan masyarakat, utamanya keluarga besar Pondok Pesantren. Terlebih sejak lama pondok pesantren telah punya andil besar dalam merebut dan mengisi kemerdekaan Indonesia.

“Kita tidak akan pernah melupakan cucuran keringat dan perjuangan Mbah Hasyim Asy’ari, Mbah Wahab Chasbullah, Mbah Bisri Syansuri, dan pendiri utama PP Lirboyo ini,” ucapnya usai menutup Forum Musyawarah Pondok Pesantren  (FMPP) se-Jawa dan Madura di Aula Muktamar Pondok Pesantren Lirboyo Kediri, Jawa Timur, seperti dilansir kemenag.go.id pada Jumat (14/2).

Menurut Menag, ulama adalah nasionalis sejati. Jauh sebelum merdeka, ulama dan pesantren sudah berkontribusi nyata mengambil bagian mengukir peradaban, mencerdaskan kehidupan bangsa lewat lembaga pendidikan yang didirikan bernama pondok pesantren.

“Atas jasa merekalah kita bisa mempertahankan dan memajukan Indonesia. Mereka tetap mempertahankan identitas keindonesiaan dan menguatkan nasionalisme santri,” ungkapnya.

Baca: Wapres Imbau Khatib Jumat Sebar Semangat Toleransi

Pada kesempatan itu, Menag juga menyerahkan bantuan sebagai bentuk kepedulian pemerintah pada pondok pesantren yang selama ini telah berkontribusi besar bagi bangsa dan negara. “Semoga bantuan ini dapat dimanfaatkan oleh segenap keluarga besar Pondok Pesantren Lirboyo,” katanya. (aw/duta/kemenag).

DISKUSI: