Masjid Agung Sunda Kelapa Kembali Gelar Salat Jumat

0
125

Sumber: kumparan.com

Jakarta, Liputanislam.com– Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) Jakarta kembali menggelar salat Jumat pada Jumat (5/6) setelah menutup sekitar tiga bulan lalu karena pandemi. Wakil Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Syafruddin yang ikut salat mengatakan bahwa masjid yang masuk daerah atau zona hijau dapat melaksanakan salat Jumat sesuai protokol yang dibuat pemerintah.

“Untuk wilayah DKI Jakarta yang tidak masuk zona merah,  dapat menyelenggarakan salat Jumat berjamaah sesuai dengan anjuran pemerintah di masa pandemi Covid-19,” ucapnya.

Menurut Syafruddin dibukanya kembali masjid dengan memperhatikan protokol kesehatan sejalan dengan fatwa yang telah dikeluarkan MUI. “Jadi antara MUI, DMI dan pemerintah telah satu kata untuk seluruh masjid yang sudah zona hijau dapat melaksanakan shalat berjamaah dengan catatan harus menggunakan protokol kesehatan yang ketat,” katanya.

“Melakukan pemeriksaan suhu tubuh kepada seluruh jamaah yg akan mengikuti shalat,  menggunakan masker, menjaga jarak, cuci tangan dan membawa sajadah masing-masing,” tambah Syafruddin.

Baca: Ketua ICMI: New Normal Dimulai Dari Rumah Ibadah

Sementara di tempat yang berbeda, Masjid Agung Al Azhar Kebayoran juga melakukan hal yang sama. Salat Jumat berjamaahnya dipimpin oleh Ketua Umum ICMI, Jimly Asshiddiqie sebagai khatib. Bahkan salat Jumat dihadiri oleh para pejabat dan mantan pejabat negara. Diantaranya, mantan Wapres Jusuf Kalla dan Zukkifli Hasan. (aw/republika/tempo).

DISKUSI: