Marzuki Alie Akan Tempuh Jalur Hukum di Tengah Tudingan Keterlibatan Kudeta

0
153

Jakarta, LiputanIslam.com— Mantan Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Marzuki Alie diterpa tudingan keterlibatan dalam upaya kudeta terhadap Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudoyono (AHY). Ia pun berencana menempuh jalur hukum untuk melawan tudingan ini.

“Jadi saya akan lakukan langkah hukum, pasti, untuk memberikan pembelajaran kepada yang mengurus saat ini supaya hati-hati dengan ucapan,” ucap Marzuki pada Rabu (3/2/2021) seperti dilansir Kompas.

Tudingan upaya kudeta ini awalnya diungkapkan oleh AHY. Meskipun AHY tidak menyebut nama-nama pelaku pelengseran itu, Marzukie disebut sebagai salah satu pelaku oleh sejumlah politisi Partai Demokrat.

Marzuki menilai, tuduhan-tuduhan yang dilontarkan terhadap kader di ruang publik adalah hal yang tidak baik. Ia mengatakan, pihak-pihak yang menyebut nama orang tersebut sudah dikategorikan sebagai tuduhan sehingga perlu dibuktikan lebih lanjut.

“Syarief Hasan, Herman Khaeron, Rachland Nashidik, menyebutkan nama, itu artinya sudah menuduh. Ini harus dibuktikan,” ujarnya.

“Kalau mereka tidak bisa membuktikan, tuntutan saya adalah mereka diberikan sanksi. Kalau tidak, saya bawa ke ranah hukum, pasti itu,” sambungnya.

Sebelumnya, upaya kudeta yang terjadi di tubuh Partai Demokrat menyeret sejumlah nama sebagai aktor di baliknya. Selain Marzuki, nama orang lainnya yaitu Kepala Staf Presiden (KSP) Moeldoko, anggota Komisi V DPR Jhoni Allen, mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin, dan mantan Wakil Ketua Komisi Pengawas Partai Demokrat Darmizal. (ra/kompas)

DISKUSI: