Luhut Somasi Haris Azhar dan Aktivis KontraS Akibat Kasus Tambang Papua

0
684

Sumber: Gatra

Jakarta, LiputanIslam.com– Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan melayangkan somasi kepada Direktur Eksekutif Lokataru Haris Azhar serta Koordinator KontraS Fatia Maulida.

Somasi ini didasarkan pada unggahan video Haris dan Fatia yang menuding Luhut bermain dalam bisnis tambang di Papua.

Video yang berjudul “Ada Lord Luhut Dibalik Relasi Ekonomi-Ops Militer Intan Jaya!! Jenderal BIN Juga Ada!!” itu diunggah di akun Youtube Haris Azhar.

“Hanya penjelasan dan permintaan maaf yang kami minta Kami rasa itu lebih dari fair,” kata juru bicara Kementerian Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Jodi Mahardi pada  Sabtu (28/08/2021) 

Diketahui dalam video itu, Haris mewawancarai Fatia dan membahas hasil riset sejumlah organisasi, seperti KontraS, Walhi, Jatam, YLBHI terkait bisnis para pejabat atau purnawirawan TNI AD di bidang tambang emas atau rencana eksploitasi daerah Blok Wabu di Intan Jaya, Papua.

Menurut Fatia, ada sejumlah perusahaan yang bermain tambang di kawasan tersebut. Salah satunya PT Tobacom Del Mandiri, anak usaha Toba Sejahtera Group yang sahamnya dimiliki Luhut.

Luhut memutuskan melayangkan somasi karena menilai pembicaraan di video itu telah membentuk opini yang tidak benar, tendensius, pembunuhan karakter, fitnah, penghinaan atau pencemaran nama baik, dan berita bohong. 

Jodi menjelaskan, dengan dikirimkannya somasi tersebut, pihaknya berharap Haris dan Fatia menjelaskan maksud dan tujuan pembuatan video, serta meminta maaf melalui channel Youtube yang sama. (ra/tempo)

DISKUSI: