Ribuan Rumah Teredam Banjir di Balangan, Kalimantan Selatan

0
185

Sumber: merdeka.com

Balangan, LiputanIslam.com—Setidaknya 3.571 unit rumah terendam banjir di Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan, berdasarkan informasi dari Pusat Pengendali Operasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana (Pusdalops BNPB) pada 16 Januari 2021 pukul 02.00 WIB.

Menurut Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati seperti dilansir dari Kompas (16/1), tenggelamnya ribuah rumah ini akibat adanya hujan dengan intensitas tinggi yang menyebabkan meluapnya sungai Balangan dan sungai Pitap.

Rincian rumah terendam yaitu 931 unit di Kecamatan Halong, 20 unit di Kecamatan Paringin, 576 di Kecamatan Juai, 336 unit di Kecamatan Paringin Selatan, 836 unit di Kecamatan Tebing Tinggi dan 872 unit di Kecamatan Awayan.

Hingga saat ini, tinggi muka air terpantau sekitar 50-150 cm.

Sementara itu, di Kota Banjarmasin sendiri, banjir belum juga surut. Alih-alih surut, banjir makin tinggi meski tak turun hujan.

Menurut Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjarmasin Herliansyah kepada Antara, air dari hulu diduga jadi pemicu banjir bertambah tinggi.

Ibu kota Kalimantan Selatan sudah terendam banjir sejak 14 Januari 2021. Hingga hari ini belum ada tanda-tanda surut.

“Di hari ketiga ini makin banyak yang mengungsi, di mana-mana sekarang mulai didirikan tempat pengungsian oleh masyarakat,” kata Herliansyah.

Dia menyampaikan pengungsi di Banjarmasin Selatan, sementara ini yang sudah terdata lebih 500 jiwa, sebagian berada di pengungsian swadaya masyarakat, sebagian di posko kecamatan.

“Belum lagi di empat kecamatan lainnya, data pengungsi terus kita lakukan ini,” katanya. (ra/kompas/CNN)

DISKUSI: