Lantik Kepala Bakamla, Presiden: ini Embrio ‘Indonesian Coast Guard’

0
58

Sumber: setkab.go.id

Jakarta, Liputanislam.com– Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) melantik Laksamana Madya TNI Aan Kurnia sebagai Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) di Istana Negara, Jakarta pada Rabu (12/2). Presiden mengatakan, Bakamla adalah embrio coast guard-nya Indonesia. Nantinya, persoalan laut hanya kewenangan Bakamla.

”Jadi Bakamla itu kayak Indonesian Coast Guard. Tapi ini masih proses regulasinya agar semuanya bisa ada harmonisasi,” ucapnya usai melantik Kepala Bakamla pada Rabu (12/2).

“Kemudian, saya juga berharap dengan diangkatnya Pak Aan Kurnia, ke depan yang kita inginkan tadi juga bisa dikawal dan dipercepat sehingga betul-betul kita memiliki sebuah coast guard yang namanya Bakamla, ya diberi kewenangan di perairan kita,” tambahnya.

Sementara, Kepala Bakamla Laksamana Aan mengatakan, sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa kepentingan dan keamanan Indonesia di laut adalah hal yang utama. “Sesuai dengan undang-undang yang ada nanti saya akan lebih mensinergikan seluruh stakeholder yang ada di laut. Karena sekarang ada 17 undang-undang yang tumpang tindih. Tadi Pak Jokowi juga sudah bilang masalah omnibus law untuk masalah keamanan laut,” ujarnya.

Baca: WNI Eks ISIS Nekad Pulang, Mahfud MD: Kita Tangkap

“Menjawab tantangan masalah maritim yang sekarang masih hangat khususnya di Natuna akan meningkatkan sumber daya manusia yang ada di Bakamla,” ujarnya. (aw/setkab/kompas).

DISKUSI:
SHARE THIS: