KPI Izinkan Saipul Jamil Tampil di Televisi dengan Syarat Ini

0
289

Sumber: Tempo

Jakarta, LiputanIslam.com–Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) mengaku mengizinkan pedangdut Saipul Jamil tampil di televisi. Namun, bekas narapidana kasus pencabulan itu hanya boleh tampil untuk program edukasi bahaya predator. 

“Kita buat surat, kita mengecam glorifikasinya, enggak boleh. Yang kedua, dia bisa tampil untuk kepentingan edukasi, misal: dia hadir sebagai bahaya predator, kan bisa juga dia ditampilkan seperti itu. Kalau untuk hiburan belum bisa di surat yang kami kirim ke lembaga penyiaran,” Kata Ketua KPI Agung Suprio dalam wawancara podcast dengan Youtuber Deddy Corbuzier, Kamis (9/09/2021).

Agung mengakui bahwa keputusan ini dikritik oleh pegiat HAM, namun KPI tetap bertahan dalam sikapnya untuk membatasi penampilan Saipul Jamil di televisi.

 “Kita singkirkan HAM sementara, toh dia boleh tampil dalam konteks edukasi. Ini kita enggak melarang, tapi membatasi, harus dipahami. Jadi enggak ada pelarangan, enggak boleh ke mana-mana, ini membatasi,” tambah Agung.

Saipul Jamil menghirup udara bebas setelah menjalani hukuman selama delapan tahun penjara di Lembaga Pemasyarakatan Kelas 1 Cipinang, Jakarta Timur, Kamis, 2 September 2021. Saat bebas, Saipul dijemput oleh kekasihnya Indah Sari dengan menggunakan mobil Porsche merah. Ia juga dikalungi karangan bunga. Tidak hanya itu, Saipul juga langsung diundang ke berbagai acara di televisi dan YouTube. (ra/tempo)

DISKUSI: