KKP Ekspor Produk Perikanan Senilai Rp 13,3 Miliar

0
77

Sumber: ekonomi.bisnis.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) melakukan ekspor perdana produk perikanan senilai Rp 13.3 miliar. Ekspor perdana produk perikanan ini diekspor ke sejumlah negara, seperti Jepang, Amerika Serikat, Filipina dan Timor Leste.

“Kali ini kita ekspor perdana produk olahan sidat dengan negara tujuan Jepang, fillet atau loin ke Amerika Serikat, dan olahan tilapia ke Filipina, serta pakan udang ke Timor Leste,” kata Direktur Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan KKP, Agus Suherman, Jakarta, Selasa (14/1).

Baca: Indonesia Ekspor 20 Ribu Ton Komoditas Perikanan

Ekspor produk perikanan tersebut dilakukan oleh anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk di tiga lokasi berbeda, yaitu Banyuwangi Jawa Timur, Medan Sumatera Utara, dan Cirebon Jawa Barat.

Agus menyampaikan, ekspor perikanan ini menandai penambahan ekspor perdana produk perikanan nasional yang telah mencapai Rp 1,4 triliun sejak awal Januari hingga 9 Januari 2020.

Dia menuturkan, ekspor tersebut sejalan dengan arahan Presiden Jokowi untuk terus meningkatkan ekspor produk laut, menambah penyerapan tenaga kerja dalam negeri, dan memberikan kesejahteraan pada masyarakat luas.

Selain itu, ekspor tersebut juga merupakan momentum awal untuk terus meningkatkan ekspor dan mencapai target ekspor nasional pada 2020 sebesar 6,47 miliar dolar AS.

“KKP terus mendorong Unit Pengolahan Ikan seluruh Indonesia untuk meningkatkan ekspor,” tuturnya.

Menurutnya, produk perikanan adalah salah satu sektor andalan ekspor Indonesia untuk mengurangi defisit neraca perdagangan luar negeri. Ekspor produk perikanan juga dapat meningkatkan penyerapan tenaga kerja dan menyejahterakan karyawan serta masyarakat luas. (sh/republika/katadata)

 

DISKUSI: