Ketua Fatayat NU: RA Kartini Sosok Futuristik dan Pemberani

0
253

Sumber: Tribunnews.com

Jakarta, Liputanislam.com– Ketua Umum Fatayat Nahdlatul Ulama (Fatayat NU), Anggia Ermarini ikut meresapi semangat juang Raden Ajeng (RA) Kartini yang setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. Anggia mengatakan bahwa RA Kartini adalah sosok yang futuristik dan pemberani. Ia berani keluar dari keadaan dan berjuang akan pentingnya peran perempuan di tengah masyarakat.

“Kartini adalah sosok yang futuristik, luar biasa berani, dan out of the box. Sosok perempuan yang tidak puas dengan hal yang begitu-begitu saja dan dia menyadari berapa pentingnya peran perempuan saat itu di tengah-tengah masyarakat,” ujarnya di Jakarta pada Selasa (21/4).

Menurut Anggia, sosok Kartini adalah luar biasa yang berani melawan feodalis yang begitu kuat pada zamannya. “Artinya dia orang yang luar biasa di tengah kungkungan budaya luar biasa, lalu dia punya cakrawala cara berpikir yang luas sekali, itu luar biasa,” ucapnya.

“Mungkin hanya satu dua orang perempuan yang punya kegigihan seperti Kartini waktu itu,” tambahnya.

Baca: RA Kartini Sosok Wanita Yang Teguh Memegang Iman

Sama dengan konteks sekarang, lanjut Anngia, sangat dibutuhkan perempuan inspiratif dan memiliki semangat yang begitu besar dalam menyerukan kebaikan. Tentu dengan tantangan yang berbeda sebagaimana yang dilalui Kartini kala itu. “Hari ini pun, sangat dibutuhkan orang-orang seperti Kartini dalam konteks hari ini. Spirit yang sama tentu dengan tantangan yang berbeda, tutupnya. (aw/republika).

 

DISKUSI: