Kementan Sebut Luas Sawah Berkurang 650 Ribu Hektare per Tahun

0
91

Sumber: harnas.co

Jakarta, LiputanIslam.com— Kementerian Pertanian (Kementan) menyebutkan luas lahan baku sawah baik yang beririgasi teknis maupun non irigasi setiap tahunnya mengalami penurunan seluas 650 ribu hektare. Lahan yang berkurang ini jika dihitung dalam ukuran beras sama dengan 6,5 juta ton beras.

“Rata-rata luasan lahan baku sawah berkurang sebesar 650 hektare per tahun atau ekuivalen dengan 6,5 ton beras,” kata Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan Sarwo Edhy, Jakarta, Jumat (17/1).

Baca: Musim Kemarau, Ribuan Hektare Lahan Pertanian Gagal Panen

Edhy mengatakan, data tersebut diperoleh dari hasil kajian dan monitoring yang dilakukan KPK terkait Perlingdungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjuta (LP2B). Kajian ini dinilainya sebagai keseriusan pemerintah dalam pencegahan alih fungsi lahan.

Berdasarkan kajian tersebut, pemerintah belum memberikan insentif dan pengenaan dsinsentif kepada pemerintah daerah dan pemilik lahan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang No 4 tahun 2019 tentang Perlingdungan Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan.

Hal tersebut mengakibatkan pemilik lahan dan pemerintah daerah enggan mempertahankan lahan pertaniannya dan beralih ke fungsi lain yang lebih menguntungkan secara ekonomi.

Di sisi lain, lahan sawah baru membutuhkan setidaknya 5 tahun untuk mencari tingkat produktivitas padi. Dengan kondisi tersebut, luas lahan sawah dipastikan berkurang setiap tahunnya dengan produksi beras yang juga menurun.

“Jadi dipastikan terjadi pengurangan luasan lahan sawah setiap tahun yang otomatis diikuti dengan turunnya produksi beras,” ujarnya.  (sh/republika/cendananews)

 

DISKUSI: