Kemenag Terus Gencarkan Gerakan Moderasi Beragama

0
67

Sumber: kemenag.go.id

Medan, Liputanislam.com– Menteri Agama (Menag), Fachrul Razi mengaku bahwa lembaga yang ia pimpin Kementerian Agama (Kemenag) terus menggencarkan gerakan moderasi beragama. Namun yang perlu digarisbawahi menurutnya ialah bahwa yang di moderasi bukan agama, tetapi cara beragamanya.

Demikian hal itu disampaikan Menag saat melakukan kunjungan kerja ke Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara dan bertemu dengan para tokoh agama se-Sumut di Medan pada Sabtu (4/1).

“Agama itu sudah luar biasa moderatnya. Sampai akhir zaman, dia tetap berlaku. Yang dimoderasikan adalah cara kita beragama terutama ketika berhadapan dengan umat yang berlainan agama,” ucapnya.

Menag Fachrul mengajak semua pihak  untuk bersama-sama menjaga kerukunan dan persatuan kita sebagai sesama anak bangsa. Ia mengingatkan saat ini sejumlah Islam yang hampir hilang peninggalan peradabannya karena dihancurkan. Dan hal itu tidak boleh terjadi pada Indonesia. Budaya dan peradaban luhur kita harus sama-sama menjaganya.

Baca: Jenderal Qaani: Kami akan Balas Darah Soleimani dan Lanjutkan Jalannya

Pada kesempatan itu, ia juga memuji Kerukunan Umat Beragama di Sumatera Utara yang indeksnya di atas rata-rata nasional. “Saya puji kalau Sumatera Utara ini kerukunan umat beragamanya di atas rata-rata nasional. Tolong ini dijaga betul, sekali lagi dijaga betul. Karena dengan itu kita bisa hidup dengan damai,” ungkapnya. (aw/kemenag/elshinta).

DISKUSI: