Kasus Narkoba, Anji Dituntut 5 Bulan Rehabilitasi 

0
623

Jakarta, LiputanIslam.com– Jaksa Penuntut Umum menuntut musisi Erdian Aji Prihartanto alias Anji untuk menjalani rehabilitasi selama 5 bulan karena diyakini menggunakan narkotika jenis ganja.

Surat tuntutan terhadap Anji dibacakan di PN Jakbar, Jalan Letjen S Parman, Jakbar, Rabu (6/10/2021).

“Menuntut agar supaya majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat menjatuhkan putusan, memutuskan menyatakan Terdakwa bersalah melakukan tidak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri sebagaimana dakwaan,” ucap jaksa.

“Menjatuhkan pidana kepada Terdakwa Anji untuk menjalani rehabilitasi rawat inap di RSKO Cibubur selama 5 bulan dikurangi masa penangkapan dan penahanan serta masa rehabilitasi sementara yang telah dijalani oleh Terdakwa,” lanjut jaksa.

Jaksa meyakini Anji melanggar Pasal 127 ayat 1 huruf a UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Menurut paparan jaksa, Anji ditangkap pada 11 Juni sekitar pukul 19.30 WIB di studionya di kawasan Cibubur, Jakarta Timur. Di dalam studio tersebut, polisi menemukan beberapa barang bukti, salah satunya 7 linting narkotika jenis ganja dengan berat neto 1,3392 gram.

Anji pun disebut terbukti mengisap ganja seperti rokok.

“Bahwa daun ganja tersebut adalah sisa yang diisap Terdakwa. Hal ini sesuai dengan keterangan saksi yang membenarkan BAP dan juga dibenarkan Terdakwa dengan cara dilinting dan diisap seperti rokok,” kata jaksa dalam pertimbangannya.

Adapun hal memberatkan untuk Anji adalah dia tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas narkoba. Sedangkan hal meringankan, Anji berterus terang tentang perbuatannya, berlaku sopan selama sidang, dan sedang menjalani rehabilitasi di RSKO Cibubur. (ra/detik)

DISKUSI: