Jumat Agung, Tim Gegana dan TNI-Polri Amankan Katedral Jakarta

0
425

Anggota kepolisian berjaga di depan Gereja Katedral menjelang Paskah, Jakarta, Kamis (1/4/2021). (ANTARA/Rivan Awal Lingga)

Jakarta, LiputanIslam.com—Memasuki rangkaian perayaan Paskah 2021, sebanyak 150 petugas gabungan turun mengamankan  Ibadah Jumat Agung pada Jumat (2/4) di Katedral Jakarta, Jakarta Pusat.

Petugas gabungan ini terdiri dari TNI, Polri, Satpol PP, dan unit penjinak bom dai Gegana.

“Untuk personil kurang lebih sama, ada 150 personil gabungan TNI Polri, ada dari Satpol PP, dan ada unit penjinak bom yang memang standby 1×24 jam,” kata Kapolsek Sawah Besar AKP Maulana Mukarom, seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Dua mobil rantis milik TNI terlihat berjaga di depan Katedral, sementara petugas kepolisian tersebar di sejumlah titik area Katedral maupun Masjid Istiqlal.

Maulana mengatakan, dalam pengamanan kali ini pihaknya menempatkan petugas di enam titik. Di antaranya, tiga titik samping gereja, basement Masjid Istiqlal untuk tempat parkir jemaat, Pintu Al-Fatah Istiqlal, dan pintu 4 Katedral.

Ia menambahkan, Direktorat Direktorat Pengamanan Objek Vital (Pam Obvit) Polda Metro Jaya akan menggunakan x-ray dan metal detector untuk mengecek jemaah yang akan beribadah di Gereja Katedral.

Kegiatan ibadah baru akan dimulai pada pukul 15.00 dan 18.00 WIB.

Sebelumnya, Humas Gereja Katedral, Jakarta Pusat Susyana Suwadi meminta jemaat umat Kristiani tidak khawatir untuk datang menjalankan rangkaian ibadah Paskah. Dia mengatakan aparat sudah menjamin keamanan. (ra/cnn)

DISKUSI: