Januari 2020, Optimisme Keyakinan Konsumen Menurun

0
116

Sumber: jawapos.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Bank Indonesia (BI) mencatat indeks keyakinan konsumen (IKK) pada Januari 2020 sebesar 121,7 atau turun 3,7 persen dibandingkan Desember 2019 sebesar 126,4. Angka tersebut diperoleh dari survei konsumen yang dilakukan BI.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Onny Widjanarko mengatakan, meskipun terjadi pelemahan, persepsi konsumen masih positif karena masih di atas angka 100.

“Konsumen memandang positif kondisi ekonomi saat ini terutama dari kondisi penghasilan dan pembelian barang tahan lama,” kata dia, Kamis (6/2).

Baca: BI: Optimisme Konsumen Indonesia Terendah Sejak Oktober 2018

Selain itu, konsumen masih berekspektasi positif terhadap penghasilan, ketersediaan lapangan kerja, dan kegiatan usaha pada enam bulan mendatang.

Berdasarkan catatan Bi, penurunan IKK terjadi pada seluruh kategori pengeluaran responden dan kategori usia. Pengeluaran terdalam terjadi pada responden dengan pengeluaran di atas Rp 5 juta per bulan. Dari sisi usia, penurunan terdalam terjadi pada kelompok usia 51-60 tahun.

Dari sisi wilayah, penurunan keyakinan konsumen terjadi di 10 kota. Penurunan terdalam terjadi di Surabaya (-20,19 poin), Medan (-12,9 poin) dan Jakarta (-7,6 poin).

BI mengungkapkan, hasil survei juga menunjukkan adanya peningkatan tekanan kenaikan harga selama 12 bulan mendatang. Hal ini terlihat dari indeks ekspektasi harga setahun mendatang yang lebih tinggi yang lebih tinggi dari bulan sebelumnya, yakni dari 179,1 menjadi 183,9. (sh/republika/cnnindonesia)

 

 

DISKUSI: