Indonesia Dilarang Kibarkan Bendera Merah Putih di Piala Thomas, Ini Alasannya

0
2363

Sumber foto: Okezone

Jakarta, LiputanIslam.com– Tim bulu tangkis Indonesia tak diperbolehkan mengibarkan bendera Merah Putih di Piala Thomas 2020 pada malam ini, 17 Oktober 2021. Alih-alih, Indonesia hanya bisa mengibarkan bendera berlogo Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) di atas podium nanti. 

Larangan mengibarkan bendera nasional ini merupakan sanksi dari Badan Antidoping Dunia (WADA) kepada Indonesia. 

WADA menjatuhkan hukuman ini karena menilai Indonesia tidak patuh kepada aturan antidoping. Sanksi serupa juga dijatuhkan kepada Thailand dan Korea Utara. Selain itu dua federasi internasional yang juga kena hukuman, yakni Deaf International Basketball Federation (DIBF) dan International Gira Sports Federation (IGSF).

Untuk kasus DIBF, IGSF, dan badan antidoping Thailand, kesalahan terletak pada kurang tegasnya penerapan aturan terbaru versi 2021. Sedangkan untuk Indonesia dan Korea Utara, dinilai tidak mematuhi standar soal program pengujian antidoping kepada para atlet.

Beberapa sanksi lain yang berpotensi diberikan oleh WADA yakni tidak bisa mengikuti tender tuan rumah turnamen Super Series atau mengikuti event dari BWF. 

Ketua Umum PBSI Agung Firman Sampurna telah membenarkan hal tersebut.

Agung Firman berharap sanksi WADA tersebut tidak berpengaruh kepada para pemain yang tengah berjuang mengejar gelar juara Piala Thomas 2020. Kesempatan meraih gelar juara, menurut dia, tidak bisa disia-siakan begitu saja setelah dalam 10 tahun terakhir Indonesia hanya mampu menembus babak semifinal. (ra/tempo)

DISKUSI: