Heboh, Shopee Dituduh Menindas Kurir dengan Upah Rendah

0
887

Sumber: terkini.id

Jakarta, LiputanIslam.com—Media sosial tengah ramai dengan kabar tentang perusahaan online shop, Shopee, yang dituding memberikan upah rendah yang tak manusiawi bagi kurir Shopee Express.

Akibat kebijakan kontroversial ini, para kurir Shopee Express di Jabodetabek melakukan aksi mogok kerja sejak lima hari yang lalu.

Kabar ini awal disampaikan oleh Arif Novianto, pemilik akun @arifnnovianto_id, melalui utas Twitter. Tulisannya itu diunggah pada Sabtu (11/4).

“Mereka protes karena upahnya diturunkan dari 5.000/paket, 3.500/paket, 2.500/paket, & pada awal April menjadi 1.500/paket. Mereka tak dapat upah minimum & jaminan sosial,” tulisnya dikutip Senin (12/4), seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Ia melanjutkan, jika upah kurir diturunkan jadi 1.500 setiap paket, maka kerja para kurir semakin berat. Pasalnya, rata-rata satu paket yang diantar ke konsumen membutuhkan waktu sepuluh menit. Belum lagi, mereka harus menyediakan bensin secara mandiri.

“Sepuluh menit per paket itu jikalau letak penerima paket jaraknya berdekatan. Jika agak jauh bisa sampai menghabiskan waktu 30 menit/paket. Belum lagi harus menghubungi penerima yang kadang tidak di rumah atau alamatnya salah. Bisa dibayangkan begitu menguras energinya pekerjaan ini,” tambahnya.

Apalagi, sistem kerja para kurir Shopee Express menggunakan sistem shift dan target pengiriman. Dalam sehari, target pengiriman bisa mencapai 125 paket, sehingga kurir harus bekerja lebih dari 14 jam.

“Jumlah paketan yang harus dikirim oleh kurir/rider dalam sistem kerja di Shopee Ekspress diatur oleh ketua tim di tiap kecamatan. Jika paketan menumpuk, apalagi saat promo, maka setiap rider bisa harus mengirimkan 125 paket/hari. Sehingga, harus membuatnya kerja lebih dari 14 jam,” paparnya.

Ia juga menuturkan dampak dari pemogokan para kurir tersebut membuat barang-barang di gudang Shopee menumpuk, lantaran tak dikirimkan ke konsumen. Pemogokan terpaksa ditempuh untuk menuntut manajemen Shopee memberikan kerja layak kepada para kurir. (ra/cnn)

DISKUSI: