Harga Jagung Pakan Naik, Peternak: Harga Acuan Daging dan Telur Ayam Harus Naik

0
116

Sumber: merdeka.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Asosiasi Peternak Layer Nasional meminta pemerintah untuk menaikkan harga acuan daging dan telur ayam ras. Permintaan kenaikan harga acuan ini seiring kenaikan harga jagung pakan.

“Seharusnya harga acuan kita naik menjadi Rp 19 ribu- Rp 20 ribu per kilogram karena harga jagung pakan juga naik,” kata Ketua Asosiasi Peternak Layer Nasional Musbar Mesdi, Minggu (12/1).

Baca: Awal Pekan, Harga Daging Ayam dan Gula Pasir Turun

Musbar menerangkan, penjual jagung pakan telah menaikkan harga secara sepihak dari Rp 4.500 per kg menjadi Rp 5.200 per kg. Sedangkan, harga jual daging dan telur ayam ras di tingkat peternak belum naik. Hal ini membuat peternak menjadi kesulitan.

Selama ini, ketentuan harga telur dan daging ayam diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 96 Tahun 2018 tentang Harga Baru Acuan Telur Ayam dan Daging Ayam. Berdasarkan Peraturan ini, harga acuan pembelian ayam di tingkat peternak sebesar Rp 18 ribu sampai Rp 20 ribu per kg.

Dia menyebutkan, pemerintah telah menjanjikan akan mengeluarkan Permendag baru untuk menyesuasikan dengan tren kenaikan harga jagung.

Dalam hal ini, Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Suhanto mengatakan, Surat Ketentuan (SK) untuk ketentuan harga acuan daging dan telur ayam ras masih dalam dalam proses.

Dia menyampaikan, berdasarkan peraturan pemerintah, harga acuan bisa berubah mengikuti kondisi pasar. Akan tetapi, dia belum menyebutkan besaran harga acuan tersebut. (sh/republika/cnnindonesia)

 

 

 

 

DISKUSI: