Harga Cabai di Jawa Barat Naik Hampir Rp 100 Ribu per Kg

0
89

Sumber: republika.co.id

Kuningan, LiputanIslam.com— Harga komoditas cabai di Kuningan Jawa Barat melambung tinggi. Di Pasar Karamatmulya, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, kenaikan harga cabai hampir mencapai Rp 100 ribu per kilogram (kg).

Asep, pedagang sayuran di Pasar Karatmulya, mengatakan, cabai merah dari sebelumnya Rp 20 ribu- Rp 30 ribu per kg naik menjadi Rp Rp 70 ribu per kg. Kemudian, harga cabai keriting naik dari Rp 30 ribu per kg menjadi Rp 70 ribu per kg.

Dia menyampaikan, kenaikan harga tersebut membuat dagangan menjadi sepi. Dia memperkirakan harga bahan kebutuhan pokok akan terus naik hingga bulan depan.

Baca: Pasokan Turun, Harga Cabai Melonjak

“Sepertinya harga bahan kebutuhan pokok akan terus melambung tinggi hingga satu bulan ke depan,” kata dia, Kuningan, Jawa Barat, Minggu (12/1).

Selain komoditas cabai, harga tomat dan kentang juga mengalami kenaikan. Harga tomat naik dari Rp 8.000 menjadi Rp 12.000 per kg. Sedangkan, harga kentang naik dari Rp 10.000 ribu per kg menjadi Rp 12.000 per kg.

Pedagang lainnya, Nunung menilai, kenaikan harga cabai diakibatkan pasokan di pasaran menipis sejak satu pekan terakhir. Kondisi ini diperparah dengan adanya gagal panen karena tanaman cabai terendam banjir.

Tidak hanya di Kuningan, kenaikan harga cabai yang diakibatkan kelangkaan pasokan juga terjadi di Garut. Rinda Rabanda, distributor sayuran di Pasar Induk Guntur, Kabupaten Garut, mengatakan, pasokan dari petani berkurang karena belum memasuki panen. Hal ini membuat stok untuk kebutuhan Pasar Induk berkurang.

“Stok memang ada, tapi tidak terlalu banyak, setiap kali dikirim barang habis, padahal biasanya bisa untuk dijual selama dua hari,” ujarnya. (sh/sindonews/bisnis/)

 

DISKUSI:
SHARE THIS: