Harga Telur Anjlok, Peternak Babak Belur

0
154

Sumber: tribunnews.com

Jakarta, LiputanIslam.com— Harga telur ayam anjlok terhitung sejak awal tahun hingga sabtu (25/1) lalu. Jatuhnya harga telur ayam ini membuat peternak kesulitan.

Ketua Bidang Layer Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat (Pinsar) Leopold Halim menyebut, kondisi peternak ayam petelur saat ini babak belur.

“Bukan sudah turun lagi, hancur harganya, hancur pokoknya harga telur. Kita makin babak belur,” kata dia, Selasa (28/1).

Baca: Harga Telur Ayam Merangkak Naik

Dia mengatakan, permintaan telur semakin menurun, sedangkan suplai telur justru mengalami peningkatan. Hal ini, menurutnya, membuat susah para peternak.

“Kalau dibilang kondisinya susah, iya benar susah. Demand berkurang terus, padahal tahun lalu baik-baik saja,” ucapnya.

Berdasarkan catatan Pinsar, dari 60 wilayah pantauan Pinsar, tidak ada satu kota atau wilayah pun yang menunjukkan kenaikan harga telur ayam sejak akhir tahun hingga Jumat (25/1). Hanya ada enam kota dan wilayah yang tidak mengalami perubahan harga telur.

Adapun 54 kota sisanya mengalami penurunan harga telur ayam. Wilayah yang mengalami Penurunan harga telur terendah adalah Solo sebesar -21,2 persen, Boyolali -19,1 persen, dan Purwokerto 018,8 persen. (sh/kompas/kontan)

 

 

 

 

DISKUSI: