Hadapi Corona, Persis: Jangan Panik dan Perkuat Solidaritas

0
122

Sumber: republika.co.id

Jakarta, Liputanislam.com– Wakil Ketua Umum Persatuan Islam (Persis), Jeje Zaenuddin mengimbau masyarakat khususnya kalangan umat Islam agar tidak panik dan berputus asa dalam menghadapi wabah virus corona (covid-19). Menurutnya, setiap muslim dalam menghadapi covid-19 harus berikhtiar, serta tetap berkeyakinan penuh terhadap takdir Allah Swt.

“Yang paling pertama dan utama tentu saja setiap muslim wajib percaya dan yakin bahwa tidak ada suatu apapun yang menimpa dari kebaikan dan keburukan di muka bumi dan pada diri manusia melainkan sudah tertulis dalam catatan takdir Ilahi. Karena itu jangan panik dan berputus asa terhadap apa yang menimpa kita dari penyakit ataupun malapetaka. Sebaliknya tidak boleh juga jumawa, takabur dan sombong karena merasa mampu menangkal dan mengatasi penyakit atau bencana,” ucapnya di Jakarta pada Jumat (20/3).

Menurutnya ikhtiar dalam menolak penyakit  dan menghindari bencana adalah perkara yang wajib bagi setiap muslim, begitu juga dengan berobat ketika sudah terserang penyakit dengan usaha yang maksimal. Sebagai bagian dari ikhtiar, setiap orang harus mengikuti arahan, petunjuk dan panduan dari ahli ilmu di bidangnya.

“Setiap pribadi harus mematuhi apa yang telah difatwakan para ulama dan aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah berdasar kaidah-kaidah kedokteran terkait antisipasi penyebaran corona seperti menerapkan social distancing,” katanya.

Baca: Antisipasi Dampak Corona, GP Ansor Ingatkan Ketersediaan Pangan

Selain itu, kita juga hendaknya saling menguatkan dan solidaritas. “”Dalam kondisi seperti ini seluruh muslim wajib meningkatkan solidaritas dan kesetiakawanan sosial dengan cara tolong menolong, saling mendoakan, dan menjauhi sikap saling mencurigai apalagi menebar hoaks dan fitnah,” tegasnya. (aw/republika).

DISKUSI: