Gunakan Masker, MUI-PBNU: Patuhi Imbauan Pemerintah

0
342

Sumber: tribunnews.com

Jakarta, Liputanislam.com– Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengimbau warga masyarakat agar mematuhi arahan pemerintah tentang memakai masker ketika berpergian ke luar rumah. Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI, KH Muhammad Cholil Nafis mengatakan bahwa kita dalam upaya menjaga kesehatan harus mengikuti ahlinya.

“Ya, kita ini harus menjaga diri dan menjaga kesehatan, maka hasil ilmiah harus menjadi acuan dan mengikuti saran dokter, karena kita dalam kesehatan harus bertanya dan mengikuti ahlinya,” ucapnya di Jakarta pada Senin (6/4).

Menurutnya, menjaga lebih baik daripada mengobati, yang berarti menjaga kesehatan, menjaga diri dari penyakit, dan menjaga diri dari wabah itu lebih baik daripada mengobati. Mengikuti saran dokter dan taat kepada anjuran pemerintah yang memberikan perlindungan kepada masyarakat hukumnya adalah wajib.

“Bahwa tindakan yang kita lakukan dalam rangka taat kepada perintah Allah melalui patuh kepada fatwa MUI dan taat kepada ulil amri dalam rangka mengikuti seluruh kebijakan pemerintah yang tujuannya baik,” katanya.

Sementara Ketua Satgas NU Peduli Covid-19 PBNU, Makki Zamzami menjelaskan bahwa virus corona (covid-19) itu tidak menular melalui udara. “Lalu mengapa harus menggunakan masker? Karena ada beberapa orang yang sudah terinfeksi Covid-19 namun tidak punya gejala atau orang tanpa gejala (OTG), OTG Covid-19 aktif menularkan (ke orang lain),” ujarnya.

Baca: Kemenag Keluarkan Edaran Panduan Ibadah Ramadhan Selama Pandemi

“Kadang masyarakat masih melakukan kegiatan di luar rumah seperti belanja dan lain sebagainya. Maka masyarakat sebaiknya menggunakan masker untuk mengantisipasi penularan Covid-19 bila bertemu dengan OTG. Supaya tidak tertular dari percikan droplet saat OTG berbicara,” tambah Makki. (aw/republika/msn).

DISKUSI: